Cara Mengatasi HP Bootloop Asus Zenfone Max Tanpa PC

Cara Mengatasi HP Bootloop Asus Zenfone Max Tanpa PC –  Pernahkah Anda mengalami gangguan pada ponsel Asus yang Anda gunakan tiba-tiba stuck di logo Android dan tak bisa diapa-apakan. Seolah HP tersebut rusak dan tak lagi dapat dipakai? Jika iya, maka HP Android Anda mengalami bootloop. 

Yaitu problem di mana ponsel loading sampai masuk ke dalam system User Interface. Penyebab bootloop ini dapat disebabkan beberapa faktor. Diantaranya : pemakaian yang overheat (ini yang saya alami), gagal update firmwire (saat mencoba custom ROM), emc yang sudah menua dan menurun kinerjanya.

Seperti yang  saya sebutkan diatas ketika ponsel Asus Z00D saya mengalami bootloop akibat overheat. Ketika itu saya mengaktifkan HP ini sebagai mobile hotspot hampir semalaman penuh. Dari baterainya masih full hingga baterai nol persen dan ponsel itu pun mati total. Setelah saya isi daya baterai ponsel tersebut, saya coba nyalakan kembali namun yang terjadi ialah ponsel itu tidak bisa masuk sampai system UI dan hanya menampilkan logo Asus dengan proses loading yang hanya berputar-putar.

Tak kehabisan ide, saya mencoba mencari solusi dari hal buruk ini. Namun tak sampai Googling, saya ingat waktu dahulu pernah menggunakan Asus Zenfone 6, saya sempat utak-atik recovery mode Asus. Di system recovery terdapat menu-menu yang saya butuhkan yaitu factory reset. Sungguh disayangkan, jika Anda melakukan factory reset maka seluruh data yang tersimpan pada memory internal seperti kontak, foto, video, media WhatsApp akan hilang. Alangkah baiknya sebelum ponsel mengalami gangguan backup semua kontak Android Anda sekarang juga.

Selang berapa lama saya coba praktekan, yaitu dengan cara mereset ulang HP ke pengaturan pabrik, serta menghapus cache. Dan booom, Alhamdulillah smartphone jadul ini bisa lagi digunakan kembali.

Cara masuk recovery mode Asus / cara mengatasi hp bootloop asus zenfone max tanpa pc :

- Hidupkan ponsel dengan cara menakan tombol bersamaan dengan tombol volume bawah (-)

- Lepas tombol power dan tetap menekan tombol volume bawah

- Sampai masuk menu recovery mode lepas tombol volume bawah

Gunakan tombol volume atas (+) untuk memilih opsi ke atas

Gunakan tombol volume bawah (-) untuk memilih pilihan ke bawah 

Gunakan tombol power sebagai tombol Enter

- Ketika sudah masuk ke dalam recovery mode Anda bisa memilih  wipe data /factory reset untuk mereset ulang ponsel Anda seperti baru lagi.

- Setelah wipe data/factory reset selesai, kemudian pilih lagi wipe cache partition.

- Sampai saat ini Anda sudah berhasil melakukan langkah demi langkah menyelamatkan ponsel Anda agar bisa digunakan kembali. 

- Tunggu hingga proses loading selesai, saat saya melakukkanya waktu itu butuh waktu sampai 10 menit mulai dari factory reset sampai masuk ke system UI. Hal ini bergantung pada spesifkasi ponsel Asus yang digunakan. Waktu 10 menit yang saya dapati kala itu hal yang wajar, mengingat ponsel ini tergolong jadul dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB.

Demikianlah tips dari saya tentang bagaimana cara factory reset ponsel Asus, selamat mencoba dan semoga berhasil. Oh ya bagi kawan-kawan yang kesulitan saya sudah menggunggah video bagaimana melakukan step by step di atas di channel YoutTube saya (link ada di bawah ya, di icon media sosial YouTube). Sobat bisa menonton untuk lebih detailnya ya, terima kasih.

Salam,
Anas Yus


0 Response to "Cara Mengatasi HP Bootloop Asus Zenfone Max Tanpa PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel