Cara Backup Semua Kontak di HP Android Paling Mudah

Cara Backup Semua Kontak di HP Android Paling Mudah - Membuat sebuah cadangan kontak dibutuhkan ketika Anda hendak mengganti HP, atau untuk berjaga-jaga bilamana suatu hal yang tak diinginkan terjadi seperti HP yang Anda pakai hilang. Sungguh kita semua tak menginginkan hal itu terjadi, namun alangkah baiknya bila kita melakukan backup kontak HP Android untuk berjaga-jaga.

Faktor lain juga bisa terjadi dikarenakan beberapa hal seperti tidak sengaja menghapus kontak, HP bootloop, terjadi hard reset atau faktor lain yang tak terduga.

Cara Backup Semua Kontak di HP Android

 Manfaat dari backup semua kontak di HP Android adalah, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data kontak orang yang penting bagi Anda seperti rekanan bisnis, kawan lama, dan sanak saudara.

Meski backup kontak HP ini hal yang cukup penting, namun tak banyak pengguna yang tahu bagaimana caranya membackup kontak HP.

Nah untuk itu, artikel ini saya tulis dengan harapan setelah Anda mengetahuinya, Anda dapat mempraktekannya dan tak lagi cemas kehilangan kontak orang-orang yang Anda kenal. Yuk, simak pembahasan cara backup semua kontak di HP Android paling mudah.

Setidaknya ada tiga cara untuk backup kontak di HP Android Anda, pertama membiasakan menyimpan kontak pada akun Google, kedua backup langsung dari menu kontak yang sudah tersedia, ketiga backup kontak dengan bantuan aplikasi tambahan yang dapat Anda unduh dari Google Play Store.

Lets, started cara backup kontak di HP Android paling mudah.

1.    Membiasakan menyimpan kontak di akun Google

Caranya adalah ketika Anda ingin menyimpan kontak baru pilih akun Google sebagai media penyimpan kontak.

Menurut saya cara paling mudah backup kontak di HP Android adalah dengan menyimpannya ke dalam akun Google yang Anda gunakan untuk login di smartphone Android Anda. Karena setiap ponsel Android yang digunakan selalu membutuhkan akun Google untuk mengakses setiap fitur maupun aplikasi Google seperti Gmail, Google Drive, Play Store, dan lain sebagainya.

Penyimpanan kontak pada akun Google juga bersifat online, jadi ketika Anda berganti HP dan memasukan kembali akun Google pada HP yang baru lalu mengaktifkan sinkron maka seluruh kontak yang ada di HP akan muncul seketika di HP yang baru.

Cara inilah yang saya gunakan semenjak kali menggunakan HP berbasis Android sejak sedekade terakhir. Selain mudah dah praktis, Anda tak perlu khawatir akan terjadi kontak hilang sebab semua disimpan pada kondisi online.

2.    Backup melalui menu kontak di HP tanpa aplikasi

Lanjut cara kedua, cara ini terbilang praktis dan simple. Namun data kontak Anda masih tersimpan secara offline. Jadi jika suatu waktu terjadi kesalahan pada memori HP Anda maka data kontak pun ikut hilang atau terhapus.

Cara backup kontak tanpa aplikasi adalah :
-    Buka menu kontak di HP Anda
-    Tap garis tiga yang berada di pojok kiri atas, kemudian pilih Kelola kontak
-    Tap Impor atau ekspor kontak
-    Untuk membackup pilih Ekspor kontak
-    Terdapat pilihan untuk menyimpan kontak, apakah penyimpanan internal (memori HP), micro SD (memori eksternal) atau SIM Card.
-    Setelah menentukan tempat penyimpanan lalu pilih Ekspor, dan tunggu sampai proses pencadangan selesai dan klik Ok.

Catatan :  
Cara ini berhasil saya lakukan pada HP Samsung A71, namun tidak semua merk HP menyediakan fitur ekspor dan impor kontak bawaan. Nah bagi Anda yang ponselnya tidak tersedia fitur ini, Anda bisa menggunakan cara ketiga yaitu backup kontak dengan bantuan aplikasi Android.

3.    Backup kontak HP Android dengan bantuan aplikasi tambahan

Pada cara terakhir ini sejatinya di jauh berbeda dengan cara kedua, namun disini Anda perlu mengunduh aplikasi tambahan yang dapat di peroleh gratis di Google Play Store.

Banyak aplikasi yang menawarkan backup kontak HP, namun aplikasi yang cukup populer adalah Backup Contact besutan TopOfStack Software. Anda dapat mengunduhnya melalui tautan ini.


Pada tampilan awalan aplikasi ini terdapat 5 menu utama yakni Backup, Restore, Contact Share, Scanner, dan Settings.

Karena disini kita akan mem-backup kontak HP Android maka pilih :
-    Backup
-    Pada tampilan berikutnya pada opsi Backup Destination terdapat tiga pilihan lagi yaitu Email, Device  Memory, Print. Tentukan opsi penyimpanan Anda apakah akan dikirim ke email, atau disimpan pada memori HP atau dicetak (print). Saran saya untuk lebih aman pilih saja Email.

Pada opsi Format terdapat dua pilihan VCF dan PDF. Jika opsi penyimapanan Anda memilih email makan yang dapat Anda gunakan hanyalah VCF. Opsi PDF hanya tersedia jika Anda memilih penyimpanan Print.

-    Pada laman selanjutnya Anda secara otomatis dialihkan ke Gmail, hal ini bertujuan untuk membantu, kemana Anda akan mengirimkan file kontak yang sudah di backup tadi. Disini ketikan alamat email tujuan Anda membackup kontak, terakhir kirim email tersebut.

Dari ketiga metode diatas, bagaimana cara backup kontak HP Android yang paling mudah versi Anda? Selamat mencoba, semoga berhasil.

Salam,
Anas Yus.

0 Response to "Cara Backup Semua Kontak di HP Android Paling Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel